NU Jatim Tegaskan Uang Kripto Haram, Ini Landasannya

  • Bagikan
Ilustrasi Kripto
Ilustrasi Kripto atau Cryptocurrency,- Foto/freepik

SATUNUS.ID – Berdasarkan hasil keputusan Forum bahtsul masail Nahdlatul Ulama Jatim yang diselenggarakan pada hari minggu tanggal 24 Oktober 2021, kemudian menghasilkan jawaban bahwa cryptocurrency atau Uang Kripto itu haram.

Keputusan bahtsul masail terkait crypto atau mata uang virtual yang dijamin oleh cryptography ini kemudian dutegaskan oleh Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur).

“Iya berdasarkan hasil bahtsul masail, cryptocurrency hukumnya haram,” ungkap Gus Fahrur.

Baca juga: UPDATE! Bank NEO Plus Bagi-bagi Uang Bagi Pengguna Baru, Aman dan Terpercaya

Ketika dikaji secara mendalam, ternyata crypto dianggap lebih banyak memiliki unsur spekulasi dan tidak terukur. Dari situlah kemudian NU Jatim mengeluarkan pendapat bahwa crypto tak bisa jadi instrumen investasi.

“Karena lebih banyak unsur spekulasinya. Jadi itu tidak bisa menjadi instrumen investasi,” ucapnya.

Dalam forum bahtsul masail tersebut juga melibatkan para kiai dan sejumlah ahli hukum Islam yang turut bergabung. Kemudian hasil bahtsul masail kemudian mengeluarkan keputusan bahwa, kripto tak memenuhi unsur jual beli, dan justru condong mengandung praktik penipuan dan perjudian.

Baca juga: Cara Nonton TV di HP Android Gratis Tanpa Pakai Kouta

“Jadi secara fikih, jual beli itu harus ada kerelaan dan tidak ada penipuan. Tapi dalam crypto itu orang lebih banyak tidak tahu apa-apa, orang itu terjebak, ketika tiba-tiba naik karena apa, turun karena apa. Sehingga murni spekulasi, mirip seperti orang berjudi,” ungkapnya.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kevin Sanjaya, Semifinal Indonesia Master 2021 Luna Maya Jadi RT Langsung Blusukan Drakor The Red Sleeve Jonatan Christie Lolos 16 Besar Tokyo Revengers Gratis Transfer antar Bank Jadwal Now We Are Breaking Up Chef Renatta Argentina vs Brasil