News  

Cegah Stunting, Maria Lestari Ajak Masyarakat Sambas Ikut Gemarikan

Cegah Stunting, Maria Lestari Ajak Masyarakat Sambas Ikut Gemarikan
Cegah Stunting, Maria Lestari Ajak Masyarakat Sambas Ikut Gemarikan. Foto/ISTIMEWA.

SATUNUS.ID, SAMBAS – Dalam rangka mencegah tingginya angka stunting, Anggota DPR RI Komisi IV, Maria Lestari mengajak masyarakat untuk ikut gerakan gemar makan ikan atau GEMARI.

Maria Lestari mengadakan kegiatan sosialisasi Gerakan Gemar Makan Ikan ( GEMARI) saat melakukan kunjungan kerja ke di Desa Sempalai Sebedang Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas, Kamis 31 Maret 2022.

Dalam kegiatan tersebut ikut Hadir Direktur Pemasaran Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Erwin, Wakil Ketua I DPRD Kab Sambas, Ferdinan Syolihin, Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Kab Sambas, H Sunaryo, Camat Sebawi hingga perwakilan masyarakat.

Maria Lestari meminta masyarakat agar membiasakan mengkonsumsi ikan. Untuk memasifkan gerakan gemar makan ikan, lanjut Maria, harus tahu makna dari GEMARI.

“Untuk memasyarakatkan GEMARI, kita harus tahu dulu, apa itu GEMARI. Gemari dimaksudkan kita disini yakni gerakan memasyarakatkan makan ikan. Karena banyak manfaat yang didapat dari memakan ikan,” tutur Maria.

Maria juga mengatakan program gemari sangat tepat dan strategis dalam rangka memerangi stunting atau gagal tumbuh pada pertumbuhan balita. Menurut dia, GEMARI merupakan langkah strategis dalam memerangi stunting.

“Salah satu strategi dan upaya kita bersama memerangi tingginya angka stunting. Karena manfaat makan ikan banyak sekali dalam memenuhi kebutuhan protein dan sumber penting lainnya bagi pertumbuhan kita terutama bayi dan balita, ibu hamil,” ujar Maria.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihin SE mengungkapkan hal senada dengan Maria Lestari. Ferdinan mengatakan Kabupaten Sambas memiliki potensi perikanan yang tinggi, baik itu perikanan air asin ataupun air tawar.

“Daerah kita punya potensi besar terkait perikanan, kita berharap pemerintah pusat memberikan perhatian lebih terutama dukungan pendanaan untuk pembangunan kelautan dan perikanan Kabupaten Sambas,” harap Ferdinan.

Dia menjelaskan bagaimana pembangunan kelautan dan perikanan berdampak besar pada kesejahteraan para nelayan Kabupaten Sambas.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Fery Madagaskar mengungkapkan Kabupaten Sambas memerlukan perhatian Pemerintah Pusat.

“Semoga ada perhatian dari Pemerintah Pusat, termasuk dari DPR RI, bagaimana kondisi kelautan dan perikanan kita mendapat support pendanaan dan program kegiatan,” katanya.

Dia mengatakan berharap bagaimana nelayan kita bisa melaut dan menghasilkan tangkapan yang dapat mensejahterakan mereka.

“Karena masih banyak kendala yang dihadapi nelayan kita termasuk kebutuhan bahan bakar solar untuk nelayan,” ucapnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.