News  

Hadapi Perubahan Iklim, BWS Kalimantan I Gelar Konsolidasi Stakeholder se-Kalbar

Hadapi Perubahan Iklim, BWS Kalimantan I Gelar Konsolidasi Stakeholder se-Kalbar
Hadapi Perubahan Iklim, BWS Kalimantan I Gelar Konsolidasi Stakeholder se-Kalbar. Foto/ISTIMEWA.

SATUNUS.ID, PONTIANAK – Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan I Pontianak menggelar konsolidasi penanganan banjir dan kekeringan untuk menghadapi perubahan iklim bertempat di Hotel Harris, Pontianak, Kalimantan Barat, mulai tanggal 4-6 Juli 2022.

Dalam kegiatan tersebut turut mengundang sejumlah stakeholder dari BMKG, BPBD, BRGM, PUPR, dan pihak lainnya yang ada di kalimantan Barat.

Baca juga: BWS Kalimantan I Berikan Edukasi Puluhan Emak-emak Komunitas Sungai

Kepala BWS Kalimantan I Pontianak, Pramono mengatakan, cuaca sekarang tidak menentu kapan akan terjadi banjir. Oleh karena itu, mari bersama-sama berkoordinasi untuk dapat meminimalisir resiko bencana.

“Kalo kita sudah satu komando untuk melakukan hal tersebut, maka nanti sangat mudah untuk menangani banjir dan kekeringan,” ujarnya saat di wawancara pada Selasa, 5 Juli 2022.

Baca juga: BWS Kalimantan I Pontianak Tanam 500 Pohon di Kota Pontianak Dalam Rangka Hari Air Dunia ke-30

Kegiatan konsolidasi ini akan membahas dan hasil terkait bagaimana penanganan banjir dan kekeringan di Kalimantan Barat.

“Dari setiap stakeholder nantinya akan memaparkan daerah mana yang sering terjadi potensi banjir dan akibatnya”.

Baca juga: Ketua GP Ansor Kalbar: Aturan Organisasi Tidak Mengenal Ikatan Alumni

“Dari situ kita bisa menanggulangi seperti daerah kapuas hulu dan daerah-daerah yang sering terkena banjir ditemukan dari titik lokasinya terlebih dahulu,” jelas Pramono.

Ia juga menambahkan, pemetaan di setiap wilayah sangat penting karena kalau sudah mengetahui potensi-potensi yang terkena banjir dan kekeringan, maka para stakeholder sudah menyiapkan alat-alat yang mudah untuk menanganinya.

Baca juga: Rektor Baru IKIP PGRI Pontianak Firdaus Sebut Akan Melanjutkan Program yang Lama

Baca juga: PCNU Ketapang Terima Bantuan dari Lasarus untuk Pembangunan Gedung

“Guna untuk mempercepat gerak peristiwa penanganan banjir, maka dari itu perlunya untuk mengumpulkan para stakeholder yang memang bertugas menangani peristiwa tersebut” tambahnya.

Selanjutnya, Kepala BWS Kalimantan I Pontianak Pramomo berharap, “Mari bersama-sama saling berkonsolisasi. Karena saya yakin dengan begitu akan cepat untuk mengatasi penanganan banjir, kekeringan, dan resiko bencana yang ada di Kalimantan Barat,” pungkasnya.