News  

Ketua GP Ansor Kalbar: Aturan Organisasi Tidak Mengenal Ikatan Alumni

Ketua GP Ansor Kalbar: Aturan Organisasi Tidak Mengenal Ikatan Alumni
Ketua GP Ansor Kalbar: Aturan Organisasi Tidak Mengenal Ikatan Alumni. Foto/ISTIMEWA.

SATUNUS.ID, PONTIANAK – Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kalimantan Barat (Kalbar) menolak tegas atas pembentukan Ikatan Alumni di Surabaya.

Diketahui, beredarnya broadcast undangan deklarasi Ikatan Alumni GP Ansor di Surabaya pada Jumat, 17 Juni 2022 mendatang, sehingga menimbulkan respon dari Pimpinan GP Ansor beberapa wilayah.

Baca juga: MWC NU Pontianak Utara: Ribuan Jamaah Hadiri Selamatan Pangkalan Speed dan Haul Gus Dur Bersama RKH Fahrillah Syaichal

Hal itu disampaikan Ketua PW GP Ansor Kalbar Rajuini mengatakan bahwa secara struktural dan peraturan yang ada GP Ansor tidak mengenal istilah Ikatan Alumni.

“Dalam PD/PRT GP Ansor tidak ada istilah pembentukan Ikatan Alumni. Secara tegas PW GP Ansor Kalbar menolak atas wacana pembentukan Ikatan Alumni yang mengatasnamakan GP Ansor,” ujarnya saat dihubungi pada Rabu, 15 Juni 2022.

Baca juga: Maju Sebagai Calon Ketua PWNU Kalbar, Syarif Sowan dan Mohon Doa Restu ke Gus Mus

Rajuini juga meminta kepada seluruh pihak untuk menghentikan kegiatan pembetukan Ikatan Alumni yang mengatasnamakan GP Ansor.

PW GP Ansor dan Banser Kalimantan Barat, lanjut Rajuini, pihaknya akan setia dan patuh dalam aturan yang ada dan satu komando dengan Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor.

“Kami di daerah baik GP Ansor dan Banser tetap patuh dan satu komando di bawah kepengurusan Ketum PP GP Ansor H. Yaqut Cholil Qoumas baik lahir maupun batin,” tutupnya.

Baca juga: PB PMII Luncurkan Tema Harlah ke-62 Tahun: Transformasi Gerakan, Merawat Peradaban

Diberitakan sebelumnya, GP Ansor menolak segala bentuk manuver politik dengan mengatasnamakan kepentingan bangsa. Namun, sesungguhnya dilatarbelakangi oleh tujuan-tujuan politik jangka pendek semata.

Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP GP Ansor, Abdul Rochman, secara keorganisasian GP Ansor yang merupakan organisasi pemuda di bawah Nahdlatul Ulama (NU) tidak mengenal adanya istilah Ikatan Alumni (IKA).

Baca juga: Bagikan Takjil, LAZISNU Kota Pontianak: Memotivasi untuk Saling Berbagi kepada Sesama

“GP Ansor telah memiliki peraturan maupun struktur organisasi yang jelas dan resmi. Dan, istilah ikatan alumni itu sama sekali tak dikenal di organisasi GP Ansor. Sehingga, penggunaan istilah dengan membawa-bawa nama GP Ansor jelas sangat tidak tepat,” katanya dikutip dari okezone.com, Selasa (14/06/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.