News  

Peringatan Hari Air Sedunia 2022, BWS Kalimantan 1 Pontianak Kolaborasi dengan Fisip Untan Gelar Bersih-bersih Sungai

Peringatan Hari Air Sedunia 2022, BWS Kalimantan 1 Pontianak Kolaborasi dengan Fisip Untan Gelar Bersih-bersih Sungai
Peringatan Hari Air Sedunia 2022, BWS Kalimantan 1 Pontianak Kolaborasi dengan Fisip Untan Gelar Bersih-bersih Sungai

PONTIANAK, SATUNUS ID – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day) 2022, BWS Kalimantan 1 Pontianak aksi bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas, Sabtu (26/3/2022).

Aksi peduli lingkungan ini digelar Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak didukung oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) I dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pontianak serta diikuti berbagai organisasi dan komunitas.

Arif Purnomo dalam sambutannya mewakili Ketua BWS Kalimantan I Pontianak menyampaikan, kegiatan bersih-bersih sungai ini diselenggarakan sebagai wujud rasa peduli kita terhadap lingkungan sungai.

Baca juga: Bersama Pemkot, BI, PT Wilmar Gelar Pasar Murah Minyak Goreng di Pontianak

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati momentum Hari Air Sedunia 2022 serta untuk melestarikan lingkungan sungai mengkampanyekan membersihkan air, bersihkan sampah di sekitaran sungai yang tercemar oleh sampah-sampah.

“Keberadaan air sangat penting untuk melanjutkan kehidupan, karena tanpa air akan mengakibatkan tanah tandus, tumbuhan layu dan pertanian perkebunan akan gagal penen. Oleh karena itu, upaya membersihkan sungai yakni dengan membersihkan sampah di sungai terutama bagi masyarakat” katanya.

Baca juga: Rawat Tradisi Keilmuan Khas NU, IKAPPASPON Gelar Ngaji Kitab dan Silaturrahim

Selanjutnya Dekan Fisip Untan, Martoyo menuturkan, ilmu Hubungan Internasional erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat dunia. Aksi bersih-bersih sungai ini juga menjadi bagian dalam menjaga kehidupan masyarakat.

“Inti dari aksi yang dilakukan hari ini adalah bagaimana menjaga sungai tetap bersih karena air adalah sumber kehidupan,” ungkapnya.

Ia juga berharap aksi ini tidak hanya dilakukan pada momentum Hari Air Sedunia saja, tetapi terus berkelanjutan hingga anak cucu kelak. Terlebih jika melihat kehidupan di Kota Pontianak dan masyarakatnya tidak terlepas dari air sehingga dibutuhkan kepedulian bersama dalam menjaga sungai dan parit tetap bersih.

Baca juga: Lasarus Sebut NU dan Kelompok Nasionalis Satu Tarikan Nafas

“Semua pihak harus ikut berpartisipasi melestarikan sungai serta menjaga kebersihannya agar air tetap terjaga dan tidak tercemar,” imbuh Martoyo.

Senada dikatakan, Bennedictus Ketua KOMAHI FISIP UNTAN mengatakan, Latar belakang kegiatan ini diawali dari berbagai mahasiswa dan berbagai organisasi salah satu ada HIMA AP, HIMAPOL, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini juga dikemas rangka memperingati Hari Air Sedunia 2022, dimana kami melakukan sebuah aksi membersihkan sungai Kapuas yang berada di kawasan Waterfront kota Pontianak.

Baca juga: HPN 2022, Lasarus Harap Insan Pers Terus Tingkatkan Kualitas Produk Jurnalistik

“Tujuannya bersih-bersih ini agar masyarakat sadar akan pentingnya air bagi kehidupan manusia, apalagi Pontianak dikenal dengan kota seribu sungai. Oleh karena itu, mari manfaatkan sungai Kapuas ini sebagai salah satu sarana untuk mencari nafkah”, ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini secara tidak langsung memotivasi seluruh masyarakat agar lebih peduli lagi terhadap lingkungannya.

“Kegiatan bersih-bersih ini adalah kegiatan tahun kedua. Tahun pertama pada tahun 2020 berjalan dengan lancar dan koordinasi juga lancar dengan dinas-dinas terkait salah satunya PUPR”, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.