News  

PKB Kunjungi PDI Perjuangan Kalbar, Sinyal Bentuk Koalisi Pilkada?

PKB Kunjungi PDI Perjuangan Kalbar, Sinyal Bentuk Koalisi Pilkada?

SATUNUS.ID, Kubu Raya – Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Lasarus belum memberikan kepastian untuk maju pada Pilgub Kalbar 2024. Namun demikian, jika kelak namanya diusung oleh PDI Perjuangan untuk bertarung di Pilkada, Lasarus memastikan bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menjadi parpol pertama yang Ia ajak bicara.

“Kalaupun nanti PDI Perjuangan mendorong salah satu kader terbaiknya, maka saya pastikan yang pertama kami ajak bicara adalah Partai Kebangkitan Bangsa, dalam hal ini DPW PKB Kalbar,” ujar Lasarus saat menerima kunjungan silaturahmi pengurus DPW PKB Kalbar di Kantor DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, Kamis (19/5/2022).

Lasarus menerangkan bahwa Pilkada masih terlalu jauh dan segala kemungkinan masih bisa terjadi. Sehingga menurutnya, pertemuan yang digelar hari ini belum bisa diterjemahkan sebagai sinyal terbentuknya koalisi antara PDI Perjuangan dan PKB di Pilgub Kalbar 2024.

Baca juga: Lasarus: TBBR Mitra Pemerintah dalam Menjaga Kerukunan

“Di politik itu segalanya mungkin. Saya belum bisa menterjemahkan terlalu jauh. Tapi, ke arah sana (koalisi) pasti adalah. Soal siapa, nanti tentu kami perlu berdiskusi panjang tentang bagaimana komposisinya dan seterusnya. Ini juga masih cukup jauh untuk kita bicara lebih detail. Paling tidak ini adalah awal yang baik,” tuturnya.

Terkait maksud kedatangan pengurus PKB yang dipimpin langsung oleh Ketua DPW Kalbar Mulyadi Tawik ini, Lasarus mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan ajang silaturahmi biasa antar dua partai politik. Menurutnya, pertemuan ini tidak boleh diartikan terlalu jauh karena PDI Perjuangan dan PKB merupakan parpol yang sama-sama mendukung pemerintah.

“Yang jelas hari ini kita silaturahmi. Ini juga kan masih hari baik bulan baik. Kalbar ini menurut saya perlu kita budayakan untuk saling mengunjungi antara sesama partai politik dalam rangka membangun Kalbar. PKB dan PDI Perjuangan sejatinya juga adalah koalisi secara nasional dan kami berkolaborasi dengan baik,” terangnya.

Baca juga: Sutarmidji Minta Maaf, Lasarus: Jangan Perpanjang Lagi

“Kami berdiskusi banyak hal di pusat dan hari ini kami lanjutkan di daerah. Nanti kami juga akan membalas kunjungan silturahmi ini ke Kantor DPW PKB. Ke depan, kami akan terus bersama berbagi pengalaman, berbagi pikiran dalam rangka membangun bangsa, terkhusus di Kalbar,” tutup Ketua Komisi V DPR RI tersebut.